Laman

Cari aja disini yaa...!

Selasa, 12 Februari 2013

Rita Tila

Tilla. Juru sekar pemilik suara merdu yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Segudang prestasi telah disandang Rita Tilla. Ketika masih duduk di bangku SMKN 10, Rita Tilla terpilih sebagai Juara I dalam Pasanggiri Sinden Satatar Sunda 2002, memperebutkan Piala Titim Fatimah. Saat itu, Rita menjadi peserta termuda (18 tahun), dan mendapat julukan “Si Gandrung Gumiwang”.

Selain itu, Rita pun pernah menjadi juara 1 Lomba Menyanyi Dangdut se-Kabupaten Sukabumi paada tahun 1994 dan tahun 1996; Juara 1 Lomba Menyanyi Pop Sunda Gita Permana Nusantara, tahun 2001 (dalam acara Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-25); Juara Lomba kawih pada tahun 1994, 1996, 1998, dan 1999; Juara lomba Pop Singer (1999); dan prestasi lainnya yang diraih dalam usianya yang masih muda.
Ketika ngobrol live di Radio Kencana FM, Rita mengatakan bahwa ia sudah punya hobi menyanyi sejak berusia empat tahun. Hobinya didukung pula oleh lingkungan kesehariannya. Sebab, ibunya Rita, Iis Rohaeti, adalah pesinden wayang golek yang cukup ternama di daerah Nagrak. Jadi, kata peribahasa Sunda: Téng manuk téng anak merak kukuncungan.
Suara emasnya sudah banyak yang diabadikan di dapur rekaman. Diantaranya Ramo (degung sulanjana), Rayungan (Pop Sunda Sulanjana), Bohong Ah (Pop Sunda), Ceurik Nu Geulis (Calung Pop Sunda), Jaipong Bali (bersama grup Sambasunda), Teuteup jeung Imut (Pop Sunda), Urang Tepang na Implengan (Kacapian Gentra Madya), dsb.Berkat prestasinya tersebut, Rita pun sering diajak manggung oleh grup wayang golek Giri Harja, Jugala, Samba Sunda, dsb.
Sejak duduk di bangku SMKN 10, Rita sudah mandiri. Dari penghasilan menyanyi, Rita bisa membiayai sekolahnya sendiri dan bahkan menabung untuk bekal masa depan. Wilujeng milangkala, Rita. Mugia sing langkung suksés tur salawasna aya dina pangaping Alloh SWT, Amiin .[galuh-purba.com]

Merilis Album

– Penyanyi pop Sunda Rita Tila akan mengeluarkan awal 2013 ini. Semua awal 2013 ini. Semua persiapan sudah beres dan tinggal menunggu hari yang tepat.

“Sesuai rencananya, pada Februari 2013 ini saya akan mengeluarkan album baru yang bertajuk kliningan. Semuanya sudah beres, tinggal menunggu hari yang tepat saja untuk meluncurkannya,” kata Rita saat ditemui di Gedung New Majestic, Jalan. Braga, Kota Bandung .

Rita menuturkan album kliningan ini merupakan lagu tradisi zaman dulu dengan gamelan salendro, yang sekarang ini sudah sangat jarang lagi terdengar. Maka dari itu, lanjutnya musik itu kembali diangkat dengan alasan mengangkat kembali seni Sunda.

Kata dia, ada dua album lagi yang tengah dipersiapkan yakni pop Sunda dangdut dan kacapi inovatif. “Dua album tersebut juga rencananya akan saya keluarkan juga pada 2013 ini, tapi untuk bulannya kita tunggu setelah album kliningan ini keluar,” ujar perempuan yang masih kuliah di UPI Jurusan Pendidikan Seni Musik ini.

Bagi wanita kelahiran Sukabumi, 16 Desember 1984 ini, 2013 sepertinya akan menjadi tahun yang menyenangkan baginya karena bisa meramaikan industri musik sunda.

“Yang jelas di tahun ini akan banyak kejutan dari saya, dan tentunya cetar membahana,” jelasnya menirukan gaya artis Syahrini. [myblog/inilah.com]